Tuesday, September 30, 2014

Educational Linguistics


Linguistik edukasional adalah istilah yang merujuk pada salah satu bidang linguistik terapan yang berkenaan deangan hubungan antara bahasa dan pendidikan.
a.   Kategori pengajaran bahasan
Fokus utama dari bahasan ini adalah pengajaran bahasa ibu. Namun ada beberapa kategori pengajaran bahasa lainnya.
Berikut adalah kategori pengajaran bahasa dalam linguistic pendidikan.
1.   Bahasa sebagai bahasa ibu
Yang dimaksud dengan bahasa ibu adalah sebagai berikut;
-       Bahasa yang pertama kali diperoleh penutur
-       Bahasa resmi suatu negara
-       Bahasa asli suatu negara tetapi tidak terkait dengan kekuasaan politik secara keseluruhan
-       Bahasa dari kelompok imigran baru
-       Bahasa linguafranca
2.   Pengajaran bahasa kedua
Bahasa yang diajarkan adalah bukan bahasa asli suatu negara, tetapi termasuk dalam bahasa resmi suatu negara tersebut. Bahasa tersebut juga tidak harus bahasa asing.
3.   Pengajaran bahasa asing modern
Bahasa yang diajarkan adalah bukan bahasa resmi maupun bahasa komunitas
2.   Pengajaran bahasa klasik
Bahasa yang diajarkan memiliki literature kuno, tetapi tidak ada penutur aslinya. Bahasa klasik ini sering dikontraskan dengan bahasa tradisional. Bahasa klasik seperti romawi kuno, atau ibrani kuno wajib dipelajari karena memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Dalam aspek religious, bahasa klasik ini berperan penting karena dianggap memiliki nilai yang sangat tinggi, mulia dan sakral.
b.   Kebijakan dan perencanaan bahasa dalam pendidikan
Di beberapa negara, kebijakan dibuat pada tingkat pemerintah. Ada pula yang dibuat pada tingkat provinsi dan bahkan ada pada tingkat sekolah.
c.   Bahasa dan pembelajaran
Di dalam ruang kelas, sifat bahasa merupakan aspek yang sangat penting dalam penelitian linguistik edukasional karena bahasa adalah media yang digunakan peserta didik untuk mempelajari semua pelajaran akademik. Dalam pengajaran, harus diperhatikan bahasa apa yang akan dipelajari (bahasa pertama/bahasa kedua) karena hal itu akan mempengaruhi strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pengajar/pendidik harus mengajarkan bahasa standar dalam membaca dan menulis (dengan baik dan benar). Hal tersebut perlu diperhatikan karena apabila terjadi kesalahan pada awal pemerolehan bahasanya, akan sulit untuk diperbaiki di kemudian hari.
d.   Pembelajaran keaksaraan
Pembelajaran keakasaraan sangat penting karena menulis dan membaca adalah modal untuk pendapatkan ilmu pengetahuan. Salah satu peran penting sekolah adalah untuk mengajarkan bagaimana cara menulis dan membaca dengan menggunakan pendekatan yang tepat untuk peserta didik. Pendekatan akan berbeda pada peserta didik yang berbeda.
e.   Belajar tentang bahasa
Dalam hal ini perlu disadari bahwa bahasa dipelajari bukan untuk meningkatkan kemampuan linguistik semata namun sebagai dasar unuk bermasyarakat dalam peradaban manusia.

No comments:

Post a Comment